Zindagi Na Milegi Dobara: Fantastic Trip that Will Change a Life


 

Zindagi Na Milegi Dobara AKA (You) Won’t Get a Second Life (Zoya Akhtar, 2011)

Ada satu alasan utama mengapa saya harus melihat film ini. Tidak lain dan tidak bukan karena keterlibatan keluarga Akhtar. Bagi anda yang belum terlalu familiar dengan film India, saya akan paparkan sedikit mengenai kiprah keluarga Akhtar di industri film Bollywood.

Dimulai dari yang tersenior, Javed Akhtar. Javed merupakan seorang Indian lyricist/poet. Ia telah makan asam garam dalam menciptakan banyak lagu India yang populer. Kemudian ada anak laki-laki Javed, yaitu Farhan Akhtar. Farhan merupakan seorang multitalenta. Tidak hanya bekerja di balik layar sebagai produser, sutradara, dan penulis naskah, tapi ia juga seorang aktor yang oke. Film yang telah disutradarai Farhan selalu mendapat box office. Sebut saja Dil Chahta Hai (2001), Lakshya (2004), Don (2006), dan Don 2 (2011). Dil Chahta Hai adalah favorit saya.

Akhtar berikutnya adalah Zoya Akhtar, adik Farhan. Meski baru men-direct dua film, yaitu Luck by Chance (2009) dan Zindagi Na Milegi Dobara (2011), Zoya diprediksi bakal menyamai prestasi besar kakaknya menyusul kesuksesan dua filmnya itu. Saya sendiri belum melihat Luck by Chance, so I can’t give any comment. Sementara Zindagi Na Milegi Dobara (ZNMD) telah saya tonton dengan rasa puas. Ini yang akan saya bahas kali ini.

Dalam ZNMD, Zoya Akhtar duduk di kursi director mengarahkan akting kakaknya, Farhan. Zoya dan Farhan juga berkolaborasi untuk menulis naskah dan dialog. Sementara Javed Akhtar bertugas menulis lirik lagu dan puisi yang terkandung dalam film ini.

ZNMD mengisahkan tentang tiga orang sahabat, yaitu Arjun (Hrithik Roshan) yang serius, Kabir (Abhay Deol) yang bijaksana, dan Imran (Farhan Akhtar) yang seorang penulis dan tidak pernah berhenti bercanda. Mereka telah berkawan sejak kecil. Karena pekerjaan dan kesibukannya, Arjun harus bekerja di London sebagai financial broker. Hanya Kabir dan Imran yang masih bersama di India. Setelah terpisah cukup lama, Kabir berinisiatif untuk mengumpulkan semua kawannya lagi dalam even bachelor party.

Kabir sebelumnya telah melamar Natasha (Kalki Koechlin) dalam pertemuan antara kedua keluarga. Ia ingin melakukan suatu perjalanan liburan bersama Arjun dan Imran sebelum pernikahannya berlangsung. Imran mengusulkan untuk ke Spanyol sebagai tempat tujuan perjalanan mereka. Kabir menyetujuinya.

Sikap Arjun lain lagi. Ia merasa tidak punya waktu luang sedikit pun untuk berlibur. Yang ada di dalam pikirannya hanyalah urusan pekerjaan. Dalam hatinya, ia juga masih menyimpan rasa sakit hati kepada Imran yang pernah merebut pacarnya sewaktu di India. Arjun juga sedang dalam kondisi tidak stabil. Pertunangannya dengan Rohini (Mandi Sidhu) kandas di tengah jalan akibat kesibukannya. Setelah dibujuk habis-habisan oleh Kabir, Arjun pun akhirnya bersedia ikut serta dalam perjalanan itu.

Dimulailah perjalanan liburan di Spanyol yang sangat eksotis. Konflik mulai bermunculan dari masalah kecil hingga besar. Perbedaan sifat Arjun dan Imran ditambah dengan masalah lama yang kerap diungkit-ungkit lagi membuat mereka sering bertengkar.

Arjun juga tidak 100% menikmati liburannya. Ia seringkali harus menelepon koleganya untuk melakukan transaksi. Adegan lucu terjadi manakala di tengah perjalanan menggunakan mobil, Arjun sedang asyik menelepon rekan bisnisnya. Tiba-tiba Imran tanpa wajah penuh dosa langsung merebut ponsel Arjun dan melemparnya keluar mobil. Hmmm…bisa dibayangkan betapa marahnya Arjun. Itu belum seberapa. Coba bayangkan jika Imran akhirnya mengganti ponsel Arjun yang mahal dengan ponsel murahan berwana pink…

Dalam pejalanan ini, mereka telah merencanakan akan mengunjungi beberapa tempat menarik. Tempat pertama adalah pilihan Imran, sebuah pantai. Imran ingin sekali melakukan diving. Ia sebenarnya punya tujuan lain. Ia tahu benar kalau Arjun takut air. Di sini, mereka bertemu dengan Laila (Katrina Kaif), instruktur diving yang menawan. Laila inilah nanti yang akan mengubah cara pola pikir Arjun yang kolot mengenai kehidupan. Bagaimanakah caranya?

Sementara itu, walau tampak ‘normal’, Imran dan Kabir sebenarnya juga menyimpan masalah tersendiri saat menjalani traveling ini. Pertama mulai dari Imran. Ada alasan tersendiri mengapa ia memilih Spanyol sebagai tempat tujuan liburan. Ia ingin bertemu dengan seseorang yang telah lama meninggalkannya dulu. Siapakah itu?

Kemudian Kabir. Ada suatu hal penting dibalik prosesi lamaran yang telah ia lakukan kepada Natasya waktu itu. Hal yang sebenarnya tidak diduga dan ia tidak ingin menceritakannya kepada siapa pun. Hal apakah itu?

Ada juga tempat wisata parasut layang yang kali ini memang sengaja dipilih Arjun. Arjun ingin membalas Imran. Imran memiliki fobia terhadap ketinggian.

Kurang komplit rasanya ber-setting di Spanyol tanpa adegan matador. Jangan kuatir. Adegan itu ada di penghujung film. Bagian yang paling menarik. Klimaks dari semua perjalanan yang ada. Ini yang mengubah segalanya.

Pensaran bukan? Anda harus menontonnya untuk menjawab rasa penasaran itu. ZNMD mampu mengeksplor sekaligus menjual Spanyol dengan luar biasa. Zoya menulis script dengan porsi yang proporsional untuk ketiga karakter utamanya. Tidak ada satu pun yang menonjol. Semuanya rata. Dialog yang dibuat Farhan juga sangat segar. Joke yang dilemparkan begitu lucu sekaligus cerdas. Saya belum pernah tertawa selepas ini sewaktu melihat film sejak Little Miss Sunshine (2006). Dan jika ada yang beranggapan bahwa film ini merupakan Dil Chahta Hai 2, itu salah besar. Ini jauh berbeda dengan film garapan Farhan Akhtar tersebut.

Akting ketiga pemain utama sangat mengesankan. Dimulai dari Hrithik Roshan. Merasa senang ada sutradara yang akhirnya mampu meredam ke-lebay-an seorang Hrithik lewat perannya sebagai orang yang kuper dan kolot. Ia tampil sesuai porsinya dengan dialog efektif dan akting yang pas. Menurut saya, ini penampilan terbaiknya selama ini. Jika ada yang bilang penampilan tebaik Hrithik ada pada film Koi Mil Gaya, then I’ll definitely say NO WAY. But my opinion is still same if we talk about his special skill. I think he is still the best dancer in the world (after alm. Michael Jackson).

Abhay Deol mampu meneruskan grafik positif aktingnya. Setelah sukses menciptakan karakter depresi di film Dev-D (2009), Abhay tampil cukup prima di film ini. He’s just fabulous.

Farhan Akhtar tiada duanya. Hats off. Aktor serba bisa ini saya rasa menjadi bintang utama di film ini. Ia menjadi kunci dari keberhasilan inti cerita film ini.

Tak lengkap rasanya berdiskusi film India, tanpa menyinggung musiknya.Trio Shankar-Ehsaan-Loy kembali menciptakan score terbaiknya sejak Kal Ho Naa Ho (2003). Untuk masalah lagu, saya tidak mendengarr something special, namun lirik dan puisi ciptaan Javed memang cukup bermakna.

So, what are you waiting for?? Watch it with all of your best friends. This is a feel good movie. I’ll guarantee you all will laugh loudly and re-think again about your life.

–HW (8.1/10)–

Quotes Choice

  1. Arjun : One should learn how to live life from you, I spend my entire life inside a box.Laila : A person should remain in a box only once he is dead.
  2. Arjun (to Imran): Apologize only when it comes from here (heart).

 

4 thoughts on “Zindagi Na Milegi Dobara: Fantastic Trip that Will Change a Life

  1. Pingback: Memorable Nice Poem From Zindagi Na Milegi Dobara « An Experience in A (good) Film

  2. Pingback: Memorable Nice Poem From Zindagi Na Milegi Dobara « An (amazing) Experience in A (good) Film

  3. Pingback: 7 Most Inspirational Films about Life Out of the Box | Life Out of the Box

  4. Pingback: 8 poems from bollywood movies which beautifully express life… | Wittybite

Leave a Reply :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s