I Saw The Devil: I Found Another ‘SE7EN’ From Korea


I Saw The Devil A.K.A Akmareul Boatda (Jee-Woon Kim, 2010)

Setelah beberapa lama, akhirnya saya menemukan genre film Korea yang berbeda. Terakhir kali merasa terpuaskan saat melihat film korea adalah kala menyaksikan The Host AKA Gwoemul (2006) dan Oldboy (2003). Dan itu sudah lama sekali. Sinema Korea lebih banyak menghadirkan film-film melankolis sarat air mata semacam My Sassy Girl (2001), A Millionaire’s First Love (2006), A Moment To Remember (2004), atau Love Phobia AKA Domabaem (2006), serta film-film romance dewasa, seperti The Naked Kitchen (2009) atau Changing Partners (2007). Lama-lama, saya bosan juga.

Munculnya film yang akan saya bahas kali ini menjadi pemecah kebosanan di tengah maraknya film-film Korea yang bergenre drama romantis nan melankolis. Film I Saw The Devil (ISTD) bukan bergenre horor  seperti yang termakna dalam judulnya. Maknanya lebih dalam dari itu. Genrenya lebih mengarah ke thriller, crime, dan mystery. Tidak direkomendasikan bagi anda yang tidak menyukai adegan brutal penuh kekerasan, takut darah, dan memiliki penyakit jantung. Karena film ini bakal penuh adegan sadis mengoyak darah dan memeras adrenalin. So, get ready.

Diceritakan bahwa Kyung-chul (Min-sik Choi) adalah seorang pengemudi sopir bus sekolah dan sekaligus seorang psikopat berdarah dingin. Ia menjemput dan mengantar pulang anak-anak sekolah saat pagi sampai siang hari. Malamnya, ia memburu dan membunuh para korbannya. Tidak hanya membunuh, ia kadang memperkosanya terlebih dahulu. Tidak berhenti sampai dibunuh, ia kerap memutilasi korbannya. Ya, korbannya bukan orang sembarangan. Ia menyukai wanita muda yang cantik. Ia sangat terobsesi akan hal itu.

Suatu malam, ia kembali beraksi. Korbannya kali ini adalah Joo-yeon (San-ha Oh) yang sedang sial karena mobilnya mogok. Kyung-chul mencoba menawarkan bantuan. Joe-yeon menolaknya dengan sopan. Ia tetap berada di dalam mobil, sesuai anjuran tunangannya yang sedang ia telepon saat itu, sambil menunggu bantuan mobil derek datang. Tanpa diduga, Kyung-chul tiba-tiba memecahkan kaca depan mobil Joe-yeon dengan sebatang besi. Ia memaksa masuk ke dalam mobil. Jeo-yeon sangat terkejut. Kyung-chul berlanjut memukuli seluruh tubuh Joe-yeon membabi buta tanpa ampun. Joe-yeon pun pingsan. Kyung-chul lalu membawanya ke markasnya.

Sesampai di tempat tinggalnya, Kyung-chul kembali menyiksa korbannya malam itu. Joe-yeon sempat memohon pelan agar Kyung-chul tidak menyiksanya. Joe-yeon mengatakan bahwa dirinya saat ini sedang hamil. Dasar Kyung-chul memang psikopat berdarah dingin, ia tidak peduli. Ia langsung memutilasi Joe-yeon menjadi beberapa bagian.

Esoknya, polisi akhirnya menemukan kepala Joe-yeon. Ini membuat syok keluarganya. Yang tidak diketahui oleh Kyung-chul adalah bahwa Joe-yeon telah bertunangan. Dan tunangannya adalah seorang petinggi agen keamanan Korea yang bernama Kim Soo-hyeon (Byung-hun Lee). Kim sangat tidak terima terhadap apa yang menimpa tunangannya itu. Ia merasa terpukul sekaligus menyesal. Karena sibuk dengan pekerjaannya, ia tidak sempat menemani Joe-yeon. Ia berjanji akan secepatnya menemukan pelakunya. Ia juga berjanji bahwa pelakunya akan mendapatkan 10.000 kali rasa sakit dari yang diterima tunangannya. Untuk mewujudkan ambisinya itu, ia sengaja mengambil cuti 2 minggu. Ia ingin fokus mencari sang pembunuh sadis itu.

Tidak butuh waktu lama bagi Kim untuk menemukan Kyung-chul. Pertemuan pertama mereka terjadi saat Kyung-chul sedang melakukan aksinya. Apa yang akan dilakukan Kim terhadap Kyung-chul untuk melampiaskan dendamnya?

Hmmm..ini hanyalah 30 menit pertama dari film yang berdurasi hampir 2.5 jam. Ini hanyalah awal dari rangkaian balas dendam Kim supaya sang pelaku mendapatkan 10.000 kali rasa sakit dari yang didapatkan Joe-yeon. Masih akan ada pertarungan strategi, perkelahian brutal, dan pertumpahan darah yang memacu adrenalin dan menguras emosi di sepanjang film.

Secara keseluruhan, film ini berhasil membuat pecinta thriller seperti saya berdecak kagum. Adegan sadis yang ditampilkan tampak nyata. Adegan saling bunuh di taksi mengingatkan saya akan Inglorious Basterds (2009). Bukan berarti film ini hanya obral adegan kekerasan semata seperti halnya Hostel I-II atau Saw III-VI. Tokoh Kim ini lebih menyerupai karakter the bride dalam Kill Bill. Namin, ini sangat berbeda. Bukan karena apa, tapi karena ini datang dari Asia dengan dialog, sinematografi, dan score yang berbeda dari film Hollywood.

Akting Min-sik Choi dan Byung-hun Lee sesuai yang diharapkan. Min-sik Choi pernah bermain di film korea favorit saya, Oldboy (2003). Ia memang cocok memainkan karakter seperti itu.

Untuk Byung-hun Lee, saya hanya pernah menonton film Hollywood-nya G.I. Joe: The Rise of Cobra (2009). Saat itu, ia tidak memainkan karakter yang serumit sekarang. Setelah melihat ISTD, kini saya tahu ia bukan aktor sembarangan.

Applause patut diberikan kepada sang sutradara Jee-Woon Kim. Ia mampu meramu film thriller ini dengan luar biasa dari awal hingga akhir. Awalnya, saya merasa sedikit cemas memikirkan seperti apa ending-nya nanti. Jangan-jangan malah akan menjadi blunder. Untung saja tidak. Ending-nya sangat memuaskan. Film ini dapat dibilang kombinasi dari Se7en, Kill Bill, dan Inglorious Basterds, dengan tidak menghilangkan originalitasnya.

Emosi Kim meledak diakhir film

HW (8.2/10)–

Quote choice:

“I will kill you when you are in the most pain. When you’re in the most pain, shivering out of fear, then I will kill you. That’s a real revenge. A real complete revenge.”

~Kim Soo-hyeon (to Kyung-chul)

2 thoughts on “I Saw The Devil: I Found Another ‘SE7EN’ From Korea

  1. Pingback: Silenced: a Masterpiece of an Inconvenient Truth « My Film Record

Leave a Reply :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s